Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 19 July 2017

Menag: Sebebas Apapun Paham Agama, Hendaknya Sesuai Kesepakatan Berbangsa


IslamIndonesia.id – Menag: Sebebas Apapun Paham Agama, Hendaknya Sesuai Kesepakatan Berbangsa

 
Menteri Agama, Lukman Saifudin, mengatakan pemerintah tidak anti dengan paham agama namun harus sejalan dengan Pancasila.

“Silahkan kita memiliki paham keagamaan karena itu dijunjung tinggi tetapi ketika keagamaan itu bertentangan bahkan mengancam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, maka pemerintah harus bersikap,” kata dia, di Jakarta, Rabu.

Hal itu dia sampaikan terkait pencabutan status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mulai 19 Juli 2017 oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Dia tegaskan, pemerintah tidak menyoalkan aspek dakwah agama yang dianut tiap warga negara, pun bukan paham keagamaan itu.

“Jadi dalam konteks ber-Indonesia paham-paham keagamaan itu harus sejalan dengan Pancasila karena semua agama memahami bahwa Pancasila itu hakekatnya adalah nilai-nilai agama itu sendiri,” kata dia.

Menurut dia, pemerintah menjunjung tinggi menghormati keragaman dalam koridor kehidupan berbangsa dan bernegara Pancasila sebagai konsensus dimana Pancasila itu hakekatnya juga nilai-nilai agama itulah yang menjadi komitmen bersama.

“Karenanya sebebas apapun kita mengembangkan paham keagamaan hendaknya masih dalam koridor kehidupan kesepakatan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara,” ujar dia.

Jika kemudian ada organisasi kemasyarakatan yang mengembangkan paham keagamaan lalu ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara juga bentuk negara dari NKRI menjadi khilafah.

Menurut dia, hal itu tidak bisa dimaknai sebagai paham keagamaan semata, tapi sudah merupakan agenda politik.

 

 

YS/ IslamIndonesia/sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *