Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 30 May 2017

Makan atau Minum Dulu, Mana yang Terbaik Saat Berbuka?


Makan atau Minum Dulu, Mana yang Terbaik Saat Berbuka

islamindonesia.id – Makan atau Minum Dulu, Mana yang Terbaik Saat Berbuka?

 

Setelah berpuasa seharian seseorang akan mengonsumsi makanan kembali di waktu berbuka. Nah, saat berbuka sebaiknya makan dulu atau minum dulu?

“Sebenarnya saat berbuka yang lebih diutamakan adalah minuman karena untuk rehidrasi cairan tubuh. Kedua untuk mengontrol konsumsi gula berlebih dari snack atau minuman ya,” kata Mochamad Aldis Ruslialdi SKM CNWC, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Aldis menjelaskan pada dasarnya untuk mengonsumsi makanan seseorang tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Sebab yang terpenting adalah konsumsi makanan secara seimbang antara karbohidrat, protein dan serat.

Lantas, bagaimana jika seseorang justru mengutamakan makanan daripada minuman saat berbuka puasa? Menurut Aldis hal ini akan berisiko bagi penyerapan nutrisi makanan pada sistem pencernaan.

Sebab enzim yang berada pada sistem pencernaan baru dapat bekerja menyerap nutrisi setelah mendapatkan cairan. “Makanan belum dapat diserap secara maksimal karena enzim aktif kalau ada cairan. Makanya lebih diutamakan minum dulu kalau buka puasa ya,” imbuh Aldis.

“Kalau berapa banyak minum saat buka bebas ya. Yang penting jumlah minumnya sampai delapan gelas dalam satu hari,” pungkas Aldis.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *