Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 27 September 2018

LPMQ Balitbang Kemenag Gelar Mukernas Ulama Al-Quran


LPMQ Balitbang Kemenag Gelar Mukernas Ulama Al-Quran

islamindonesia.id – LPMQ Balitbang Kemenag Gelar Mukernas Ulama Al-Quran

 

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ulama Al-Quran di Bogor pada 25-27 September 2018. Mukernas ini diikuti 110 ulama Al-Quran Indonesia dan lima ulama Al-Quran dunia dari Mesir, Pakistan, Yordania, Saudi Arabia, dan Brunei Darussalam.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Abd Rahman Mas’ud mengatakan, Mukernas ini diselenggarakan utamanya untuk menyeragamkan pandangan ulama Al-Quran dunia tentang permasalahan dalam Al-Quran. Di antaranya terkait dengan penulisan Al-Quran dan penafsiran Alquran yang bahasanya terus berkembang.

Namun, kata dia, Mukernas ini juga untuk merumuskan masalah-masalah kekinian seperti ekstrimisme yang membuat orang kebablasan dalam beragama. Menurut dia, fenomena tersebut kini sudah menjalar di mana-mana.

“Fenomenanya ada di mana-mana maka perlu menyuarakan Islam yang lebih santun, lebih toleran, yang rahmatan lil alamin, Islam yang membumi. Maka ini ulama-ulama Al-Quran bicara soal itu,” ujarnya, Rabu (26/9/2018).

Namun, kata dia, ulama Alquran tersebut tidak hanya membicarakan permasalahan dalam Al-Quran setiap tahun sekali. Tapi, di setiap ada pertemuan juga membicarakan tentang macam-macam penulisan Al-Quran ataupun penafsiran Al-Quran.

Mukernas yang diselenggarakan selama tiga hari ini mengangkat tema “Wasatiyah Islam untuk Kehidupan Beragama yang lebih Moderat, Damai, dan Toleran.” Mukernas akan membahas hasil kajian tentang Mushaf Standard Indonesia, Terjemah Al-Quran terbitan Kementerian Agama, serta isu-isu keagamaan kontemporer.

Mas’ud berharap, Mukernas ini bisa menghadirkan gagasan baru dalam rangka memasyarakatkan pemahamanan keagaman yang benar dan mengarusutamakan moderasi sebagai metode keberagaman dalam mewujudkan kehidupan beragama yang damai dan harmonis.

Sejumlah tokoh yangvmenjadi pembicara pada Mukernas ini di antaranya Ketua Persatuan Alumni Al Azhar Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi yang akan berbicara tentang Islam Wasathiyah dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Narasumber lainnya adalah Prof Dr Quraish Shihab yang akan memaparkan tentang Prinsip-prinsip Moderasi Islam dalam Perspektif Alquran. Juga ada KH Muhyiddin Junaidi yang membahas Urgensi Wasathiyah Islam dalam Membangun Peradaban Islam yang Berkemajuan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *