Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 04 October 2014

Lautan Manusia Menuju Arafah


Jemaah Haji Menuju Arafah

Jumat waktu Mekkah lautan manusia terlihat bergerak menuju Arafah dari arah Mina. ‘Mudik kecil’ ini dalam rangka mengikuti puncak pelaksanaan ibadah Haji, setelah malamnya melakukan ritual di Mina.

Jemaah Haji menghabiskan sisa waktu Jumat ini di Arafah untuk melakukan wukuf yang berarti berdiam sejenak untuk berzikir, berdoa, beri’tikaf, dan ibadah lain.

Di padang Arafah juga terdapat Jabal Rahmah yang di yakini sebagai tempat pertemuan Nabi Adam dan Sayyidah Hawa setelah terpisah ratusan tahun.

Haji adalah rukun kelima dalam keyakinan umat Islam. Pelaksanaannya yang hanya setahun sekali ini (8-13 Dzulhijjah) selalu disambut antusias oleh Muslim di seluruh dunia.

Ibadah haji diawali dengan tawaf atau memutari Ka’bah, Masjidil Haram, melawan arah jarum jam sebanyak tujuh kali. Di dalam Ka’bah ini juga Khalifah ke-empat sekaligus sahabat dan sepupu terdekat Rasul, Ali bin Abi Thalib lahir.

Ritual kedua adalah berjalan antara Shafa dan Marwa sebanyak tujuh kali. Dahulu tampat ini berbentuk bukit, namun sekarang sudah menjadi bagian Masjidil Haram.

Ritual berjalan ini awal kali dilakukan oleh Hajar, Istri Nabi Ibrahim, yang berusaha mencari air untuk anaknya, Nabi Ismail.

Pihak Saudi mengatakan hampir 1,4 juta Muslim dari seluruh dunia datang ke kota suci untuk melakukan tradisi berumur 1400 tahun yang dicanangkan Nabi Muhammad saw ini.

Selain pelayanan, ritual tahunan terbesar di dunia ini juga menjadi tantangan Kerajaan Saudi untuk melindungi peziarah dari wabah virus Ebola dan MERS.

(Muhammad/Almanar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *