Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 09 June 2015

KIAT – Lima Langkah Agar Anak Belajar Murah Hati


tumbuh-kembang.co.id

Kedermawanan adalah salah satu sifat utama manusia. Ajaran Islam menekankan, agar orang tua melatih anak dengan sifat-sifat mulia sejak dini, agar mengakar dan menjadi karakter sang anak kelak.

Namun tentunya, terlebih dahulu orang tua selayaknya belajar untuk memiliki karakter utama ini sebelum membiasakannya kepada anak-anak. Karena anak akan meniru orang tua, pepatah bilang, ‘Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya’.

Berikut lima tuntunan bagi orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan dermawan dan murah hati dalam diri anak-anak:

1. Doronglah anak untuk suka berbagi sebagian barang miliknya kepada orang tua dan saudara-saudaranya. Meski awalnya berat, namun secara perlahan dan tanpa paksaan anak akan belajar berbagi dengan yang lain. Jangan lupa beri pujian jika ia berhasil melakukannya.

2. Doronglah anak untuk membolehkan anak-anak lain bermain bersama dan meminjamkan mainan miliknya. Selain mainan, anjurkan juga agar anak berbagi permen atau makanan lain. Tunjukan rasa salut dengan keberhasilannya berbagi.

3. Sering-seringlah menyarankan sang anak agar memperhatikan kaum fakir dan miskin. Misalnya ketika melihat pengemis renta, anjurkan sang anak agar memberikan uang saku meski tak seberapa. Atau ajak anak kita mengunjungi temannya yang sakit, panti jompo, rumah yatim piatu dan tumbuhkan empati kepada mereka orang-orang lemah.

4. Terkadang lebihkan uang jajannya, seraya meminta anak kita agar kelebihan uang jajan tersebut dimaksudkan untuk disedekahkan di kotak amal atau mintalah agar dipergunkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

5. Sesekali mintalah anak kita agar mengundang makan teman-temannya ke rumah, ajarilah agar ia melayani mereka dengan baik.

MA/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *