Satu Islam Untuk Semua

Friday, 07 April 2017

Kemenlu RI: Serangan AS ke Suriah Langgar Hukum Internasional


tomahawk-launch

islamindonesia.id – Kemenlu RI: Serangan AS ke Suriah Langgar Hukum Internasional

 

Pemerintah Indonesia menyayangkan serangan militer Amerika Serikat ke Suriah yang diinisiasi langsung oleh Presiden Donald Trump itu.  Juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Natsir mengatakan, serangan rudal Tomahawk yang diluncurkan AS melanggar prinsip-prinsip hukum internasional.

“Tindakan militer yang dilakukan tanpa persetujuan dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) tersebut, tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional, dalam menyelesaikan konflik secara damai, sebagaimana disebutkan dalam piagam PBB,” kata Natsir seperti dilansir kbr.id, 7/4.

Pria yang akrab disapa Tata ini menegaskan sikap Indonesia yang mengutuk penggunaan senjata kimia di Suriah yang menelan banyak korban termasuk anak-anak. “Indonesia menolak penggunaan senjata kimia, oleh siapapun, dan untuk tujuan apapun,” katanya.

Ia menuturkan, Indonesia mendesak semua pihak menahan diri dan mengedepankan dialog dan proses politik yang inklusif di Suriah. Indonesia juga meminta akses kemanusiaan di sana untuk dibuka.

“Indonesia menekankan agar semua pihak menghentikan seluruh tindak kekerasan, menghormati dan melindungi Hak Asasi Manusia (HAM), menyelesaikan konflik melalui perundingan dan diplomasi,” tuturnya.

Indonesia mendorong DK PBB tidak berdiam diri membiarkan konflik di Suriah berlarut-larut.

Hingga saat ini, lanjut Natsir, Pemerintah Indonesia belum berencana menutup kedutaan besar di Damaskus karena masih ada WNI yang berada di sana.

“Kedubes kita di sana, masih tetap buka, masih normal, dan ini akan terus kita lihat perkembangan ke depannya seperti apa,” katanya

Seperti diketahui, sedikitnya 59 rudal Tomahawk diluncurkan militer Amerika Serikat ke pangkalan udara Shayrat. Serangan rudal AS itu dilakukan pada Jumat subuh waktu setempat. Rudal-rudal Tomahawk dilepas dari dua kapal perang AS: USS Ross dan USS Porter yang berada di laut Mediterania sisi timur. []

 

YS/ islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *