Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 18 January 2015

Kembali dari Saudi, Menteri Bawa Kabar Baik dan …


Pemerintah Arab Saudi menobatkan jemaah haji Indonesia sebagai yang terbaik di musim haji 2014, kata Menteri Agama, mengisyaratkan kesediaan kerajaan mengakomodasi seluruh keinginan Jakarta di musim haji berikutnya — kecuali soal penambahan kuota jamaah haji.

“Kerajaan menilai jamaah Indonesia disiplin, ramah dan patuh dan sebab itu layak dapat  predikat jemaah terbaik,” kata Menteri Lukman Hakim Saifudin mengabarkan hasil kunjungannya ke Saudi belum lama ini.

Menurut menteri, kerajaan menyanggupi semua usulan perbaikan layanan haji dari pihak Indonesia, termasuk soal penempatan kemah jemaah, peningkatan fasilitas layanan kesehatan dan penambahan fasilitas jamaah di bandara.

“Hanya usulan penambahan kuota haji yang tidak bisa ditambah, malah dikurangi dari kuota normal 211.000 orang menjadi 168.800 orang,” katanya. 

“Alhasil kuota jamaah haji Indonesia dipotong kembali 20%.”

Menteri tak menyebutkan alasan pencekilan kuota itu dan kenapa status ‘jamaah terbaik’ gagal melunakkan hati pihak kerjaan.

Dia juga tak merinci efek memukul pemangkasan kuota pada antrian haji yang terlanjur menganak-ular di semua provinsi.

Di Malang, Jawa Timur, misalnya,  sempitnya kuota memaksa Muslimin rela mengantri, menunggu giliran berangkat haji hingga 17 tahun mendatang.

(MA/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *