Satu Islam Untuk Semua

Monday, 04 June 2012

Kaum Muslimin Diimbau Salat Gerhana Bulan


BANDUNG- Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada Senin (4/6) mulai pukul 17.00-19.06 WIB yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, ormas-ormas Islam mengimbau agar kaum Muslilim melaksanakan salat gerhana bulan dan pengumpulan infak untuk disalurkan kepada kaum kurang mampu. “Pada prinsipnya gerhana bulan sebagian pada Senin ini bisa dilihat di seluruh Indonesia. Untuk itu, kami mengimbau kaum Muslimin melaksanakan salat gerhana,” kata Ketua Pengurus Wilayah Syarikat Islam Jabar, KH. Nandang Koswara, Minggu (3/6).

Imbauan sama juga dikatakan Penasihat Persatuan Umat Islam (PUI) Jabar KH,. Djadja Djahari, Ketua Persatuan Islam (Persis) Jabar H. Idad Soemarta, Ketua PC NU Kota Bandung KH. Maftuh Kholil, dan Ketua PC NU Kab. Bandung H. Usep, ketika dihubungi secara terpisah. “Teknis pelaksanaan salat gerhana bisa dilakukan setelah salat Magrib berupa salat dua rakaat dilanjutkan dengan khutbah dan pengumpulan infak,” kata Kiai Maftuh.

Sedangkan H. Idad mengimbau agar kaum Muslimin tidak mengaitkan gerhana bulan dengan peristiwa politik, bencana alam, maupun peristiwa lainnya. “Seperti dalam hadis Nabi Muhammad ditegaskan gerhana bulan maupun matahari merupakan tanda kekuasan Allah yang tak terkait dengan hidup atau matinya seseorang, bencana alam, atau peristiwa lainnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *