Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 29 July 2017

Jemaah Haji Indonesia Dilarang Foto Bareng Unta Arab  


Jemaah Haji Indonesia Dilarang Foto Bareng Unta Arab

islamindonesia.id – Jemaah Haji Indonesia Dilarang Foto Bareng Unta Arab

 

Saat melepas kloter pertama jemaah haji Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (28/7/2017) kemarin, Menteri Agama Lukman  Hakim Saifuddin berpesan kepada para jemaah agar lebih serius dalam menjaga kesehatan. Sebab, kata Lukman, haji bukan perjalanan ibadah biasa.

“Ibadah haji adalah ibadah yang amat sangat mengandalkan stamina fisik yang prima,” kata Lukman. “Mohon dijaga betul kesehatannya, jangan terlau diforsir untuk beribadah, mohon diimbangi dengan kondisi kesehatan kita,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, yang ikut mendampingi Menag meminta jemaah menjaga konsumsi dan pola makan. Terutama, agar jemaah banyak mengonsumsi air minum.

Air minum, kata Nila, sangat penting bagi kesehatan para jemaah, mengingat suhu musim haji tahun ini diperkirakan bisa mencapai 48 derajat Celcius. Selain pola makan dan aktivitas, Nila menyarankan jemaah haji tidak berswafoto dengan unta.

“Biasakan pola hidup sehat, makan dan minum serta istirahat yang cukup, dan hindari berswafoto (selfie) dengan unta, fokus saja pada ibadah,” kata Nila.

Apa pasal sehingga Menteri Kesehatan sampai secara khusus berpesan agar Jemaah haji Indonesia tidak foto bareng unta?

Ternyata larangan mendekati unta itu karena diyakini unta di Arab Saudi menjadi mediator penularan virus Mers. Jika tertular, virus itu akan terbawa sampai ke Indonesia.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *