Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 05 April 2017

Isu Reshuffle Kian Santer, Benarkah Menteri Agama Bakal Digeser?


Isu Reshuffle Kian Santer, Benarkah Menteri Agama Bakal Digeser

islamIndonesia.id – Isu Reshuffle Kian Santer, Benarkah Menteri Agama Bakal Digeser?

 

Isu perombakan kabinet sempat mencuat saat serangkaian aksi Bela Islam muncul. Dimulai dari aksi 411, kemudian berlanjut kepada aksi 112, 212, dan terakhir, 313. Saat aksi 411 berlangsung, kericuhan terjadi di depan Istana. Aksi demo yang seharusnya berakhir pada pukul 18.00 WIB berlanjut hingga malam hari.

Peserta aksi demo bahkan merembet ke Gedung DPR/MPR dan memaksa masuk. Presiden Jokowi bereaksi keras atas aksi 411 yang terjadi. Ia mengecam aksi tersebut dan menyebut ada aktor politik yang menunggangi aksi demo. Serangkaian aksi Bela Islam lanjutan pun terus menjadi perhatian Presiden.

Sejumlah petinggi partai penyokong pemerintah sempat menyampaikan Presiden kecewa dengan cara para menteri dalam mencegah aksi demo, khususnya 411 yang berujung ricuh. Terjadinya aksi lanjutan yang dipicu desakan pencopotan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI masih menimbulkan kekecewaan.

Seorang pejabat pemerintahan mengatakan salah satunya Presiden kecewa dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang tidak bisa mengendalikan gerakan ormas Islam.

Kekecewaan itu sampai ke telinga Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Lukman memang merupakan kader PPP kubu Romy. Seorang petinggi PPP lalu mengatakan kekecewaan itu dibahas dalam sejumlah rapat pengurus DPP PPP dan rapat Majelis Tinggi. Isu pergantian Menteri Agama pun mencuat dalam rapat itu.

Pembahasan soal Lukman dibahas di internal partai bersamaan dengan dukungan PPP di Pilgub DKI Jakarta. “Memang sudah pernah dibahas di internal partai soal munculnya kekecewaan terhadap Menag, dibahas di rapat DPP dan Majelis Tinggi,” ujar seorang petinggi PPP, Selasa (28/3/2017) lalu.

Internal PPP juga sudah mendengar soal beberapa nama yang dikaitkan untuk menjadi pengganti Lukman. Salah satunya, Nasaruddin Umar. “Memang nama itu disebut-sebut, tapi kan kami tidak tahu. Tergantung Presiden,” ujar petinggi PPP tersebut.

Siang ini, Presiden Jokowi memanggil Nasaruddin Umar. Belum jelas maksud kedatangan Nasaruddin ke Istana. Tiba di Istana sekitar pukul 11.10 WIB, ia langsung masuk dan tidak menyampaikan maksud kedatangannya. “Assalamualaikum,” ujarnya singkat. Hingga kini pertemuan masih berlangsung.

Apakah pemanggilan Nasaruddin ini terkait jabatan Menteri Agama? Baiknya kita tunggu perkembangan politik, khususnya terkait reshuffle kabinet yang kabarnya semakin dekat.

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *