Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 10 June 2017

Inilah Menu Khas Buka Puasa di Berbagai Negara


Inilah Menu Khas Buka Puasa di Berbagai Negara

islamindonesia.id – Inilah Menu Khas Buka Puasa di Berbagai Negara

 

Umat Muslim dari berbagai belahan dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Berbicara mengenai bulan puasa pasti tak lepas dari makanan. Saat bulan Ramadhan tiba berbagai menu khas disajikan saat sahur maupun berbuka. Inilah makanan unik buka puasa dari berbagai negara.

1. Pakistan
Warga Muslim di Pakistan memiliki makanan khas yang ada di bulan Ramadhan, di antaranya Samosa. Samosa adalah pastri goreng berbentuk segitiga yang berisi kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer.

Selain itu makanan khas buka puasa di Pakistan adalah Pakora. Pakora adalah sejenis gorengan yang dibuat dari kentang, yang dicampur dengan ikan, ayam, bayam, cabai, yang dicelupkan ke dalam adona dan digoreng.

2. Turki
Bila mendengar negara Turki pasti teringat dengan kebab. Makanan olahan yang terbuat dari daging ini sering Anda temui bukan? Tapi tahukah Anda kebab khas Turki? Doner Kebab. Doner kebab adalah sandwich yang dimasak menggunakan daging ayam, sapi, domba dibalut dengan rempah dan sayuran.

Selain kebab makanan khas Turki lainnya adalah Pide, atau yang seringkali disebut “Turkish Pizza”. Pide adalah roti berbentuk perahu yang disajikan dengan berbagai topping seperti dagingnya atau bayam dan keju.

3. Mesir
Salah satu makanan yang sangat terkenal di Mesir adalah Ful Madames yaitu makanan pokok Mesir yang terbuat dari kacang buncis yang dimasak dengan minyak zaitun dan ditaburi jintan. Madames selalu dimakan dengan roti. Selain itu ada makanan penutup bernama Kunafa, yaitu sejenin makanan manis yang berbentuk seperti mie.

4. Rusia
Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat Muslim di Rusia selalu menghidangkan makanan bernama Galnash dan Khingalsh, yaitu roti yang diisi dengan berbagai macam isian. Galnash biasanya diisi gandum sedangkan Khingalsh biasanya diisi dengan labu dan keju. Untuk minumanya warga Muslim Rusia mempunyai minuman khas bernama Kvass, yaitu minuman fermentasi yang terbuat dari sari gandum.

5. India
Muslim di India mempunyai menu khas saat Ramadhan yaitu Nonbu Kanji, sejenis bubur yang terbuat dari beras, sayuran, dan rempah yang direbus hingga lembek seperti bubur. Nonbu Kanji biasa dihidangkan ketika berbuka puasa. Selain itu Muslim India juga mengonsumsi Haleem yaitu sejenis bubur yang terbuat dari gandum dan daging.

6. Malaysia
Negara tetangga kita juga mempunyai makanan khas saat bulan Ramadhan, tidak lain tidak bukan adalah Nasi Lemak. Nasi lemak adalah nasi yang dikukus menggunakan santan dan pandan. Nasi lemak biasa ditemani dengan lauk seperti ayam goreng, telur rebus, mentimun dan kacang.

Selain nasi lemak, makanan khas di bulan Ramadhan adalah Bubur Lambuk, yaitu bubur yang berisi daging aspi, udang kering dan rempah-rempah. Makanan ini adalah makanan istimewa yang hanya ada ketika bulan Ramadhan saja.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *