Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 14 February 2016

Inilah 9 Sifat Istri Pembawa Rezeki


hubungan-suami-istri

Pernikahan merupakan sunnah yang diagungkan oleh Allah SWT. Selain mencari ridha-Nya, menikah juga menjadi salah satu jalan menuju kebahagiaan sejati dan pembuka pintu rezeki. Allah SWT senantiasa mencukupkan rezeki pasangan yang sudah menikah, meski hanya salah satu dari keduanya yang bekerja. Namun, pasangan yang ingin memperoleh semua itu harus memperbaiki akhlak dan memperbanyak amal baik. Jika biasanya suami bertanggungjawab mencari nafkah, maka istri pun memiliki berbagai tugas dan tanggungjawab lain yang tidak kalah penting. Perilaku istri yang demikian bakal berdampak pada turunnya rezeki bagi keluarga. Dengan mengamalkan 9 perilaku di bawah ini, keluarga akan memperbaiki harkat dan martabat keluarga dan meluaskan pintu rezeki yang mungkin saja tersendat selama ini.

1. Wanita yang Taat Pada Allah dan Rasul-Nya
Sebelum menikahi seorang wanita, pria haruslah mempertimbangkan empat faktor ini: (1) kecantikannya, (2) keturunannya, (3) hartanya dan (4) agamanya. Namun, dari keempat faktor tersebut faktor agama haruslah yang paling diutamakan. Karena faktor agama akan mendatangkan 3 faktor lain. Ketaatan beragama akan membawa pada kecantikan lahir dan batin, memperbaiki keturunan dan mendatangkan keberkahan rizki.

2. Wanita yang Taat Pada Suaminya
Rasulullah pernah bersabda: “Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain niscaya aku akan menyuruh seorang isteri untuk sujud kepada suaminya.” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah). Itulah hadist Rasullah mengenai betapa utamanya menjadi istri yang taat kepada suaminya. Menjadi istri yang sholehah haruslah mentaati perintah suaminya selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan agama dan akal sehat.
Ketaatan itu akan membuat hati suami menjadi tenang dan damai. Itulah yang menyebabkan suami mudah menjalankan kewajibannya mencari rezeki yang halal bagi keluarganya. Jika seorang istri ingin tetap berkarir di luar rumah haruslah terlebih dahulu mendapatkan izin dari suaminya. Selain itu, dia juga harus mampu menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga dan mampu menjaga diri dengan baik di tempat kerja.
“Laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat lagi memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya.” (Q.S. An Nisa : 34).

3. Wanita yang Melayani Suaminya dengan Baik
Seorang istri haruslah mengetahui apa saja tugas dan kewajibannya. Menjalankan tugas rumah tangga dan melayani suami dengan baik serta mendidik anak-anaknya merupakan tugas utama seorang istri. Istri yang sholehah selalu berusaha melayani suaminya dengan baik seperti menyiapkan makanan, menyediakan keperluannya, membersihkan rumah, memenuhi kebutuhan biologis dan menjaga perasaan suami agar tidak sampai terluka karena sikap istri.
Istri yang demikian akan menjadi istri kesayangan suami dan menjadi rekan yang baik dalam mewujudkan rumah tangga yang sakinah dan menarik hal-hal positif ke dalam rumah tangga tersebut, termasuk di dalamnya meluaskan rezeki yang halal bagi suaminya.

4. Wanita yang Berhias Hanya untuk Suaminya
“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah” (H.R. Muslim). Wanita adalah makhluk yang suka berhias dan mempercantik diri. Akan tetapi, seorang istri yang sholehah hanya berhias dan menampakkan perhiasannya untuk suaminya. Ketika seorang istri selalu dipandang menyenangkan dan mengetahui cara membuat senang suaminya maka malaikat pun ikut berdoa agar Allah memudahkan rezeki bagi keluarga tersebut.

5. Jika Ditinggal Menjaga Kehormatan dan Harta Suami
Ketika suami keluar untuk mecari nafkah, maka kewajiban seorang istri yang ditinggalkan adalah menjaga kehormatan suami dan rumah tangga. Selain itu, dia juga harus menjaga dirinya dari tamu yang tidak pantas, membatasi keluar rumah apabila urusan tersebut tidak begitu penting dan mengurus keperluan-keperluan seluruh anggota keluarga. Selain itu, istri itu harus bisa menjaga harta yang ditinggalkan sang suami dan mempergunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat atas izin suaminya. Istri yang mempunyai ciri tersebut akan membuat rezeki mudah masuk ke dalam rumahnya sebagai imbalan atas ketaatannya kepada Allah dan kesetiaannya terhadap suami.

6. Wanita Yang Senantiasa Meminta Ridha Suami
Ciri istri pembawa rezeki selanjutnya adalah yang senantiasa meminta ridha suaminya. Istri dengan ciri ini paham bagaimana cara menyenangkan hati sang suami dan bisa menjaga sikap serta prilakunya agar tidak menyinggung serta melukai perasaan suaminya. Dia selalu berusaha agar suaminya tidak pernah marah padanya. Dia tidak akan tidur dalam keadaan marah atau meninggalkan suami dalam keadaan marah sampai mendapatkan maafnya. Mengajak suami bercanda juga bisa membuat suami senang karena dapat menghangatkan hubungan rumah tangga.

Istri yang demikian itu merupakanistri yang menjadi penghuni surga. Rasulullah bersabda: “Maukah kalian kuberitahu istri-istri yang menjadi penghuni surga?! Yaitu istri yang penuh kasih sayang, (merawat) banyak anak, selalu kembali kepada suaminya, dimana jika suaminya marah dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata ‘Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha’.” (H.R.An Nasai). Istri seperti ini adalah istri yang dimudahkan rezekinya melalui tangan suaminya karena amalan dan kesetiaannya pada sang suami.

7. Wanita yang Menerima Pemberian Suami Dengan Ikhlas
Ciri istri pembawa rezeki selanjutnya adalah yang tidak pernah mengeluh atas pemberian suaminya. Istri ini selalu menerima dengan ikhlas serta menghargai apapun yang diberikan suami kepadanya. Dia selalu bersyukur atas apa yang diperoleh suaminya meskipun hanya sedikit. Istri yang senantiasa bersyukur dan ikhlas ini tentu akan menambah kuantitas maupun keberkahan rezeki yang Allah berikan kepadanya maupun kepada suaminya.

8. Wanita yang Bisa Menjadi Partner Meraih Ridha Allah
Citri lainnya adalah istri yang mampu menjadikan rumah tangganya sebagai wadah ibadah dan pengabdian diri kepada Allah SWT, bisa menjadi rekan diskusi yang berimbang bagi suaminya dan siap mencarikan solusi bagi pelbagai persoalan yang mungkin menimpa keluarga. Tidak hanya itu, dia juga bisa melakukan koreksi atas suatu kekeliruan dan menyampaikannya dengan lembut kepada suaminya. Selain itu, istri yang demikian juga bisa menjadi motivator suami untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Itulah yang menyebabkan munculnya kalimat “di balik pria sukses ada wanita hebat di belakangnya.”

9. Wanita yang Tak Pernah Putus Berdoa Untuk Suaminya
Ciri wanita pembawa rezeki yang terakhir adalah wanita yang selalu menerima takdir Allah SWT namun tetap berusaha dengan mendoakan suami dan anak-anaknya agar sukses di dunia dan akhirat. Istri ini akan terus berdoa tiap selesai menjalankan ibadah sholat dan ibadah-ibadah lain. Istri seperti inilah yang akan mendatangkan rezeki kepada suaminya karena selalu melibatkan Allah pada setiap langkah suaminya lewat doa yang dipanjatkannya setiap saat.

Itulah 9 ciri istri pembawa rezeki bagi suaminya. Maka beruntunglah lelaki yang mendapatkan istri dengan ciri-ciri tersebut. Akan tetapi, apabila belum mendapatkan istri yang demikian adalah kewajiban suami untuk mendidik istrinya agar selalu berada di jalan Allah SWT serta membawa rumah tangga tersebut ke surga-Nya.

 

MT Yahya/Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *