Satu Islam Untuk Semua

Monday, 04 September 2017

Ini Permintaan ICMI Kepada ASEAN Terkait Nasib Warga Rohingya


Ini Permintaan ICMI Kepada ASEAN Terkait Nasib Warga Rohingya

islamindonesia.id – Ini Permintaan ICMI Kepada ASEAN Terkait Nasib Warga Rohingya

 

Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Mohammad Ja’far Hafsah mengingatkan negara-negara yang tergabung ASEAN agar tidak menutup mata terkait kekerasan atas warga Muslim Rohingya.

“ICMI menyayangkan lemahnya reaksi negara-negara internasional terhadap peristiwa Rohingya. Padahal diperlukan pendekatan signifikan untuk menyelesaikan segera masalah Rohingya,” kata Ja’far dalam keterangannya, Senin (4/9/2017).

Dengan sikap Presiden Joko Widodo dan hadirnya Menteri Luar Negeri RI ke Myanmar, ia berharap Indonesia bisa menjadi inisiator negara Asean dalam membantu Rohingya.

“Etnis Rohingya telah mengalami penindasan yang amat panjang dan dilanggarnya hak azasi mereka sebagai sebuah etnik. Mereka ditolak di negara sendiri, tidak diterima oleh beberapa negara tetangga, miskin, dan dipaksa meninggalkan Myanmar dalam beberapa dekade terakhir,” ujar Ja’far.

Jafar pun ingin, negara-negara yang berbatasan dengan Myanmar bersedia menerima pengungsi kelompok Rohingya. Bukan sebaliknya, justru mengusirnya kembali ke Myanmar.

“Ini yang amat disesali. Apa yang terjadi terhadap kelompok Rohingya bisa disebut sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” tutup Ja’far.

Seperti diketahui, kekerasan mematikan terhadap etnis Rohingya semakin memburuk di negara bagian Rakhine, Myanmar, dalam beberapa hari terakhir. Korban tewas meningkat karena aksi brutal tentara Myanmar atas warga Rohingya terus berlanjut hingga saat ini.

Kekerasan juga membuat ribuan Muslim Rohingya khawatir dan melarikan diri ke perbatasan Bangladesh.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *