Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 15 February 2017

Habibie: Pilkada Jakarta Bukan Saja Jadi Perhatian Indonesia, Tapi Juga Dunia


habibie

islamindonesia.id – Habibie: Pilkada Jakarta Tak Saja Jadi Perhatian Indonesia, Tapi Juga Dunia

 

Presiden Republik Indonesia periode 1998-1999 Bacharuddin Jusuf Habibie menilai wajar jika Pilkada di Jakarta jadi sorotan banyak kalangan. Salah satu proses demokrasi yang unik di Indonesia, khususnya di Jakarta, ialah tingkat keragaman partisipasinya.

“Pemilihan di Jakarta yang mendapat perhatian bukan saja dari seluruh bangsa Indonesia, tetapi dunia. Alasannya adalah bahwa bangsa Indonesia adalah suatu bangsa yang pluralistik,” kata Habibie usai menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Patra Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu.

Habibie menambahkan, “Walaupun masyarakat Indonesia adalah masyarakat terbesar yang beragama Islam, ini bukan negara Islam.”

Negara demokrasi, bagi Habibie, ialah negara yang ditentukan oleh rakyat. Wawasan dan kehendak rakyat disampaikan rakyat melalui mekanisme sistem yang kita namakan demokrasi.

“Ada negara-negara yang demokrasi, tetapi pelaksanaanya tidak seperti kita saat ini,” jelasnya.

Ia pun mengaku optimistis bahwa demokrasi di Indonesia berkembang semakin baik dan lebih maju seiring digelarnya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017.

“Saya optimis lho melihat pengembangan dan berkembangnya demokrasi di Indonesia,” ujarnya

Perkembangan demokrasi di Indonesia, menurut pakar penerbangan dunia itu, salah satunya tercermin dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak hari ini yang menurut dia terlaksana baik.

“Hari ini oke, debatnya baik dan diserahkan kepada rakyat sendiri yang makin lama makin berkualitas hidup, yang berarti pemerataan keadilan, berjalan baik, tetapi belum sempurna,” kata mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu.[]

 

YS/ islam indonesia/ sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *