Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 22 May 2019

Gus Mus: Banyak Orang yang Beribadah Tanpa Ilmu


islamindonesia.id -Gus Mus: Banyak Orang yang Beribadah Tanpa Ilmu

Ajaran Islam menjunjung tinggi ilmu dan orang-orang yang menecari dan mendalaminya. Hal ini tercermin dalam Alquran, sabda para Nabi hingga petuah ulama terdahulu.

Namun ajaran ini, menurut KH. Ahmad Mustafa Bisri, belum menjadi perhatian umat Islam. Sebagian muslimin bahkan memilih beragama tanpa ilmu.

“Sekarang, ada banyak orang yang beribadah tanpa ilmu,” kata pria yang akrab disapa Gus Mus ini dalam kajian Sendi-sendi Islam di GusMus Channel.

Padahal Nabi Muhammad pernah bersabda, “Keutamaan orang berilmu dibandingkan orang beribadah tanpa ilmu seperti keutamaanku dibandingkan orang yang paling rendah di antara kalian.”

Karena itu, Rasul mewajibkan bagi setiap muslim maupun muslimah untuk menuntut ilmu. Orang yang menginginkan dunia, kata Gus Mus mengutip Imam Syafi’i, memerlukan ilmu. Demikian juga orang yang mengiginkan akhirat maupun keduanya: dunia dan akhirat.

Diriwayatkan juga dari Miqdad—radhiya Allâhu ‘anhu—yang mengatakan, “Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda, ‘Sesungguhnya para malaikat membentangkan sayap mereka untuk pencari ilmu karena merasa senang kepadanya sehingga dia itu berjalan di atas sayap mereka.’”

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *