Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 06 August 2014

Festival Idul Fitri di Skotlandia


(Press and Journal)

Sabtu lalu (2/8), muslimin Skotlandia menggelar festival Idul Fitri di Union Terrace Gardens, Aberdeen, kota ketiga  terpadat di Skotlandia.

Penyelenggara acara adalah Organisasi Muslim Aberdeen yang punya misi meningkatkan persatuan, menarik relawan dan membangun hubungan dengan masyarakat non Muslim di Aberdeen.

Pemimpin acara, Sumon Hoque bilang, “Sejujurnya sangat fantastis. Cuaca mendukung. Hari Sabtu yang menyenangkan.”

Di taman seluas 1 hektar itu, Organisasi Muslim Aberdeen mengadakan berbagai kegiatan. Mulai kegiatan bermain untuk anak-anak, penampilan band Nasheed dan seorang pelawak sampai cicip-cicip makanan dari seluruh dunia.

“Kami punya banyak warung, seperti antrian McDonalds di kios-kios makanan, antrian tak pernah berakhir…” tambah Hoque seperti dikutip Press and Journal.

Setelah kelompok ateis dan agnostik, muslimin Skotlandia dengan jumlah 60.000 lebih menduduki peringkat ketiga terbesar kelompok non Kristen. Di Aberdeen sendiri,  terdapat sekitar 5.000 muslimin dengan tiga buah mesjid.

“Kami punya 40 kebangsaan. Jadi ada banyak keragaman,” ujar Hoque.

Bukan hanya muslimin saja, warga non Muslim di Aberdeen juga ikut menikmati festival ini.

“Ada berbagai warung budaya yang berbeda. Dan [kehadiran] banyak non Muslim di acara itu sungguh sesuatu yang bagus,” ujar Hoque puas.

Perayaan serupa tahun depan mungkin akan digelar di tempat lain yang lebih besar, terutama jika pihak penyelenggara mengadakan acara-acara khusus lain yang berbeda dengan perayaan tahun ini.[A/berbagai sumber]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *