Satu Islam Untuk Semua

Friday, 03 January 2014

Dua Media Terkemuka Serukan AS Ampuni Snowden


Surat kabar The Guardian (foto:faz.net)

The Guardian menyebut upaya pengungkapan Snowden terhadap informasi itu merupakan “tindakan yang penuh dengan keberanian moral.”

 

Dua surat kabar terkemuka dunia: The New York Times dari Amerika Serkat (AS) dan The Guardian dari Inggris, menyerukan pemerintah AS untuk mengampuni Edward Snowden, mantan pegawai kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika atau NSA yang membocorkan sejumlah besar data-data tentang pengintaian rahasia yang dilakukan pemerintah AS.

Kini, Snowden (30) ada dalam perlindungan pemerintah Rusia. Sementara itu, pemerintah AS berusaha keras membawanya pulang dan mengadilinya  dengan tuduhan mata-mata Bisa jadi lelaki berkacamata minus itu akan dihukum berat mengingat “dosa-dosanya” yang besar kepada pemerintah AS.

Seperti dilaporkan oleh VOA, dalam tajuk rencananya pada Kamis (2/1) The New York Times menulis: kalau pun Snowden telah melakukan kejahatan, namun “ia telah melayani negaranya dengan hebat” dengan memberi rakyat Amerika informasi luas pertama tentang ruang lingkup program pengawasan yang dilakukan oleh NSA.

Salah satu surat kabar tertua di AS itu juga menyarankan agar Preside Barack Obama mengarahkan “para stafnya agar mulai mencari cara untuk mengakhiri fitnah terhadap Snowden.”

Hampir senada dengan The New York Times, The Guardian menyebut upaya pengungkapan Snowden terhadap informasi itu merupakan “tindakan yang penuh dengan keberanian moral.”

 ” Obama harusnya membiarkan Snowden “untuk kembali ke Amerika dengan hormat.”tulis The Guardian.

 

Sumber:VOA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *