Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 09 February 2020

Din Syamsuddin: Konflik Antar Umat Bisa Disebabkan Para Tokoh yang Tak Arif


islamindonesia.id – Din Syamsuddin: Konflik Antar Umat Bisa Disebabkan Para Tokoh yang Tak Arif

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin menyebut para tokoh agama harus memiliki kearifan dan kenegarawanan. Sebab menurutnya bila kearifan dan kenegarawanan tidak dimiliki para tokoh agama akan terjadi konflik antar umat beragama.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga menyeru agar umat Islam tidak perlu menjadikan perbedaan mazhab sebagai sesuatu yang menimbulkan perpecahan.

Din juga menekankan bahwasanya masyarakat Indonesia berada di sebuah negara yang menghormati agama.

“Negara yang memberi kebebasan pada setiap warga negara untuk memeluk agamanya dan untuk beribadah sesuai dengan keyakinan keagamaan dan kepercayaannya itu,” ungkapnya. Sehingga diperlukan kebijaksanaan dari para pemuka agama untuk menyikapi adanya perbedaan.

Dialog, kata Din, harus sering dilakukan untuk menyamakan persepsi mengenai kerukunan antar umat beragama.

Dalam keterangan yang diunggah channel youtube TV Muhammadiyah, Jumat (7/2), pernyataan Din tadi ditujukan untuk menyikapi pemberitaan tentang Surat Edaran yang dikeluarkan Pemprov Aceh terkait larangan mengadakan pengajian selain dari mazhab Syafiiyah. Surat Edaran itu dikeluarkan Pemprov Aceh pada tanggal 13 Desember 2019 lalu.

Sebelumnya, Sekjen MUI Anwar Abbas juga menyesalkan adanya Surat Edaran yang dikeluarkan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah itu. Edaran tersebut, menurut Anwar justru bertolak belakang dengan pandangan keagamaan Imam Syafii sendiri yang menghargai perbedaan pendapat.

Foto: Detik

Anwar mengatakan Surat Edaran tersebut perlu dicabut dalam rangka mewujudkan kehidupan keagamaan di Indonesia yang damai.

“Untuk itu, MUI mengimbau pemerintah Aceh agar bersikap lebih mengedepankan kebersamaan dan mencabut Surat Edaran tersebut agar di Aceh dan di seluruh tanah air akan tercipta kehidupan keagamaan yang sejuk, aman, dan damai karena di antara kita sebagai sesama Muslim ada rasa toleransi dan saling pengertian yang tinggi,” sambung Anwar, seperti dikutip dari laman Detik, (30/12).

AM/IslamIndonesia.id/ Foto Fitur: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *