Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 04 January 2015

Di Rusia, Bisnis Hotel Halal Menggeliat


Salah satu hotel Moskow

Makanan halal mungkin sudah sering Anda dengar. Hotel halal? Bahkan di Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar  di dunia, hotel seperti itu masih kerap mengerutkan kening.

Kabar barunya: di Rusia, Dewan Mufti Rusia mengabarkan rencana pembangunan sejumlah hotel halal. Bakal disertifikasi sesuai syariah Islam, jejaring hotel halal ini bertujuan membuka peluang besar pariwisata Islami di Rusia, kata lembaga belum lama ini.

Dikutip dari situs kantor berita Tass, Dewan Mufti Rusia sudah menyetujui standar hotel yang dikembangkan Dewan Standarisasi dan Sertifikaksi Halal (ICHSC). Standar perdana ini akan mengatur layanan hotel dan sektor pariwisata Islam di Rusia.

“Standar baru ini bakal memajukan pariwisata ke Rusia,” kata Direktur ICHSC, Aidar Gazizov.

Kelas hotel yang menerapkan standar halal ini akan ditunjukkan dengan lambang setengah bulan, bukan bintang seperti yang selama ini dipakai.

Dia menambahkan, hotel-hotel itu nantinya akan memperhatikan tradisi catering Muslim, utamanya di bulan Ramadhan. Selain itu, lanjutnya, ruangan hotel akan dilengkapi dengan ruangan khusus ibadah.

Sebuah mesjid, ruangan rekreasi dan fitness khusus pria dan wanita juga akan dibangun di hotel.

Belum ada informasi mendetil ihwal kapan jejaring hotel halal ini bakal beroperasi.

(AR/Itas Tass)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *