Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 16 June 2015

Di Poso, Pesta Rakyat Kenang Jasa Perdamaian Kalla


IMG_1228.JPG

Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Poso, Sulawesi Tengah, Selasa pagi sebagai tamu kehormatan dalam sebuah pesta rakyat yang bertujuan mengenang jasa baiknya menyemai damai pasca konflik berdarah 1998-2001, kata bupati. 

Mendarat di bandara anyar Kaliguncu, Kalla disambut Wakil Bupati Poso, Samsuri. Seperti dilansir Antaranews.com, rombongan wakil presiden lantas menuju Lapangan Maroso di pusat kota untuk membuka pawai akbar ‘Poso Harmoni’. 

“Beliau di sini adalah inisiator dan pelaku perdamaian yang mengharmoniskan kembali hubungan masyarakat yang tadinya terpecah,” kata Bupati Poso, Piet Inkiriwang. 

Lepas kejatuhan Soeharto pada 1998, Poso menjadi salah satu palagan pertikaian paling berdarah dalam sejarah Indonesia. Ratusan orang tewas dan ratusan ribu lainnya terusir di tengah kegagalan polisi dan tentara menghentikan pertempuran antara milisi Islam dan Kristen. 

Kalla, saat menjadi Wakil Presiden era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, menjulang setelahnya lepas berhasil mendamaikan dua kubu yang bertikai dalam dua kali perundingan damai di Malino, Sulawesi Selatan. Hasil perundingan ibanyak berperan mengembalikan kedamaian di Poso saat ini. 

Menurut Bupati Piet, pesta rakyat kali ini sekaligus ingin mengirim pesan kalau Poso kini lebih kondusif. 

Dengan menggunakan helikopter, Kalla juga mengunjungi SMA Negeri Harmoni di Desa Sulewana, Pamona Utara. Dalam kunjungan itu, dia didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang juga hadir untuk meresmikan penggunaan sekolah sebelum bertolak kembali ke Jakarta jelang senja. 

Nurul Fajri/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *