Satu Islam Untuk Semua

Monday, 26 June 2017

Di London, WNI Muslim dan Non-Muslim Gelar Halalbihalal Usai Salat Id


salaman

islamindonesia.id – Di London, WNI Muslim dan Non-Muslim Gelar Halalbihalal Usai Salat Id

 

Duta Besar Indonesia di London Dr Rizal Sukma mengaku gembira melihat soliditas masyarakat Indonesia di Ibu Kota Inggris itu. Pasalnya, 1.600 warga negara Indonesia dari Muslim dan non-Muslim memadati komplek Kedutaan menggelar halalbihalal usai umat Islam menunaikan salat Idul Fitri, 25 Juni.

Bagi Rizal, disamping merupakan tradisi umat Islam Indonesia, lebaran juga merupakan sarana untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Antara, lebaran di Kompleks Kedutaan itu tampak seperti suasana yang telah menjadi tradisi tahunan di Indonesia. Warga saling bersalaman sambil mengungkapkan ucapan selamat dan permohonan maaf satu sama lain. Warga juga menikmati menu lebaran khas Indonesia seperti lontong sayur, opor ayam, rendang, telur balado dan kerupuk.

Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara di Jakarta, Senin mengatakan bertindak sebagai Imam dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H, Profesor Endang Aminudin Azis, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London, sedangkan Khutbah Idul Fitri 1438H disampaikan Profesor Karim Suryadi, ustad yang mengisi berbagai kegiatan selama bulan Ramadan di London.

Dalam khutbahnya, Profesor Karim menjelaskan bahwa pada dasarnya manusia itu memiliki jiwa yang suci. Puasa di Bulan Ramadan melatih untuk senantiasa dapat menjaga kesucian jiwa agar dapat menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah Swt. Seorang muslim yang bertaqwa memiliki sifat menghormati dan memuliakan sesamanya, menjauhi diri dari syak prasangka terhadap orang lain, ujarnya.

Sementara itu, di Osaka Jepang, lebih dari 1.200 masyarakat Muslim Indonesia di wilayah Kansai melaksanakan Salat Idul Fitri 1438 H pada Minggu (25/6). Meski mendung menaungi sepanjang Minggu pagi itu, namun tidak mengurangi semangat masyarakat Muslim Indonesia untuk datang ke Kota Mino guna melaksanakan Shalat Idul Fitri serta bersilahturahim dengan sesama warga Indonesia lainnya.

Kegiatan Idul Firti di Osaka diawali dengan sambutan dari Konsul Jenderal RI Osaka yang menyampaikan harapan agar makna dan hikmah yang didapat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dapat terus terwujud dalam sikap, perilaku dan usaha yang dilakukan warga Indonesia pada masa mendatang.

Konjen RI di Osakan juga mengimbau masyarakat Indonesia di Jepang untuk berperan sebagai duta bangsa yang selalu menjaga nama baik Indonesia serta nama baik Islam sebagai agama yang cinta perdamaian.

 

 

YS/ IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *