Satu Islam Untuk Semua

Friday, 20 November 2020

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris. Polisi: (Dia) Pernah Menjabat Sebagai Sekretaris Organisasi ANNAS


islamindonesia.id – Densus 88 Tangkap Terduga Teroris. Polisi: (Dia) Pernah Menjabat Sebagai Sekretaris Organisasi ANNAS

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris yang disebut sebagai bagian jaringan teror kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Penangkapan dilakukan di wilayah Cibingong, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (18/11).

Penindakan terhadap tersangka berinisial AYR (41) ini terjadi sekitar pukul 08.05 WIB pagi. Dia ditangkap di Kampung Mutiara Sentul Estate Blok O Nomor 17 RT 001 RW 010, Kelurahan Nanggewer.

“Keterlibatan (tersangka) pernah menjabat sebagai sekretaris 3 di Organisasi ANNAS Bogor (Aliansi Nasional Anti Syiah) tahun 2015,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono saat dikonfirmasi, Rabu (18/11), dilansir dari CNN.

Awi menjelaskan bahwa nomor ponsel tersangka AYR pernah terlacak berada di pertemuan JI pada 22 September 2018 lalu di Ruko Bizpark, wilayah Kopo, Bandung, Jawa Barat.

Menurut aparat, tersangka juga menjabat sebagai Kepala Iqtishot Bithonah di organisasi JI. Jabatan ini merupakan salah satu sub-bidang dalam organisasi yang berisi kumpulan para pengusaha donatur atau sumber pendanaan organisasi.

Dana tersebut, dikumpulkan melalui pembiayaan pengiriman anggota JI ke Suriah untuk mengikuti pelatihan militer.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago membenarkan adanya personel Densus 88 yang menangkap seorang terduga teroris di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Namun, kata Erdi, Polda Jabar tidak dilibatkan langsung dalam penangkapan tersebut. “Kami (Polda Jabar) hanya mendapatkan pemberitahuan dan permintaan backup untuk mengamankan lokasi penangkapan,” ujarnya di Polda Jabar, Rabu (18/11), dilansir dari suarajakarta.id.

Erdi menjelaskan, pihaknya tidak mendapatkan kronologi rinci terkait kasus penangkapan terduga teroris tersebut. “Kami tidak tahu bagaimana detailnya. Sebab kami, polres jajaran, dalam hal ini Polres Bogor, hanya diminta backup pengamanan,” katanya.

Sebelumnya kepolisian juga telah membekuk seorang petinggi JI di wilayah Lebak, Banten pada Minggu (8/11). Kala itu, tim Densus Antiteror 88 mencokok terduga teroris bernama AZ alias Ahyar alias Epson. Dia merupakan ketua Qoid Qodimah organisasi Jamaah Islamiyah (JI).

Dalam penangkapan tersebut, tim Densus 88 juga membawa anak serta istri lantaran sedang bersama dengan terduga pelaku. Selain itu, setidaknya ada 10 barang bukti yang turut disita.

PH/IslamIndonesia/Foto ilustrasi: minews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *