Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 19 April 2016

Cendekiawan Haidar Bagir Kembali Masuk 500 Tokoh Muslim Dunia


Haidar Bagir 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang selama ini membuat daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di Tingkat Global kembali menempatkan cendekiawan Muslim Indonesia, Haidar Bagir, sebagai tokoh Islam berpengaruh di dunia dalam kategori “Philanthropy, Charity and Development” (Filantrofi, Amal Bakti dan Pembangunan).

Bersama Haidar, ada setidaknya 20-an tokoh Islam lain asal Indonesia yang juga masuk dalam daftar tersebut tahun ini, masing-masing dengan kategori yang berbeda. Sebut saja di antaranya Gus Mus dalam kategori “Scholar” (Sarjana), M. Quraish Shihab dan Habib Lutfi bin Yahya dalam kategori “Preachers and Spiritual Guides” (Dai dan Guru Spiritual), serta Abubakar Ba’asyir yang masuk dalam kategori “Extremist” (Kaum Ekstremis).

Lengkapnya, daftar The World’s Most Influential  Muslims tahun 2016 ini terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama berisi daftar 50 tokoh Muslim (yang secara umum) berpengaruh. Ada 4 Tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar ini, salah satunya Presiden Jokowi di urutan ke-11, KH. Said Aqil Siradj di urutan ke-18, Din Syamsuddin di urutan ke- 44, dan Habib Lutfi Yahya di urutan ke-48.

Selain itu, daftar tersebut juga memasukkan 450 daftar tokoh Muslim lainnya dari seluruh dunia. Pada daftar ini, RISSC membaginya ke dalam beberapa kategori. Untuk kategori Pendidikan nama tokoh Muslim Indonesia yang masuk adalah nama KH. Mustofa Bisri yang biasa disapa Gus Mus dan Syafii Maarif yang selama ini dikenal sebagai Buya Syafii. Di bidang Politik, di antaranya ada nama Prabowo Subianto dan Megawati Sukarnoputri. Lalu untuk kategori Tokoh Agama, masuk nama Prof. Dr. Tuti Alawiyah, Aa Gym dan Quraish Shihab.

Untuk tokoh Muslim dunia dalam bidang Sosial dari Indonesia ada nama Husein Muhammad yang merupakan komisioner Komisi Nasional Kekerasan Terhadap Perempuan. Nama ekonom perempuan, Sri Mulyani Indrawati, juga termasuk dalam daftar ini untuk kategori Ekonomi dan Bisnis. Tak ketinggalan juga Tri Mumpuni yang selama 14 tahun telah membangun komunitas pedesaan dengan pembangunan listrik tenaga hidronya juga masuk dalam daftar RISSC tahun ini.

Di bidang Seni dan Kebudayaan, ada penulis Asma Nadia. Seperti juga rekannya di Lingkar Pena, Helvy Tiana Rosa, juga masuk di kategori yang sama.

Di bidang Pembacaan Alquran, Qariah Indonesia Hajjah Maria Ulfah dimasukkan dalam daftar. Dialah qariah pertama yang berhasil memenangkan lomba baca Alquran Internasional dengan gaya Mesir.  Sedangkan di bidang Media, 500 tokoh Muslim berpengaruh dunia juga memasukkan nama Goenawan Mohamad.

Selain tokoh-tokoh yang masih hidup, daftar juga memasukkan beberapa tokoh Muslim yang telah wafat. Dari Indonesia ada nama KH. Sahal Mahfudz yang merupakan tokoh besar NU yang wafat pada 24 Januari 2014 lalu.

Daftar 500 Tokoh Muslim pun tak ketinggalan memasukkan kategori Extremis. Di peringkat teratas ada nama Abu Bakr Al-Baghdadi (tokoh IS asal Irak), disusul oleh Ayman Al-Zawahiri (tokoh Al-Qaeda), Abubakar Shekau (pemimpin Boko Haram), Abu Bakar Bashir (pemimpin JAT Indonesia), serta Abu Muhammad Al-Maqdisi (pemimpin spiritual Al-Nusra Jordan).

Penasaran ingin tahu  Daftar 500 Tokoh Muslim selengkapnya? Silakan download langsung file format Pdf-nya di laman http://themuslim500.com/downloads/151001-TheMuslim500-2016v009(23%7C48)-Web-Low.pdf[]

 

EH/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *