Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 15 June 2017

Buka Puasa Bersama Ketua MUI, Tito Bicara Urgensi Kerjasama Polri-Ulama


photo_2017-06-15_05-27-33

islamindonesia.id – Buka Puasa Bersama Ketua MUI, Tito Bicara Urgensi Kerjasama Polri-Ulama

 

Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Tito Karnavian kembali menekankan urgensi sinergi ulama-umaro. Hal itu disampaikan pada acara buka bersama yang dihadiri Ketua Umum MUI KH. Ma’ruf Amin di rumah dinas Kapolri di Jakarta, 13 Juni.

Kerjasama dalam hal ini, Pemerintah diwakili Polri dan ulama diwakili MUI, sangat dibutuhkan untuk membangun Indonesia.

Tito menyebut, keberadaan ulama sangat penting dan strategis. Sejarah menyebutkan, ulama menjadi pelopor terdepan dalam perjuangan melawan penjajah dan meraih kemerdekaan, selain Polri, TNI dan unsur masyarakat lain. “Ulama bahkan menjadi pemilik saham NKRI,” katanya seperti keterangan tertulis yang diterima IslamIndonesia.id.

Menurut Kapolri, masyarakat mengenang perjuangan ulama di masa lalu yang terkenal dengan resolusi jihadnya. Resolusi itu mengobarkan perjuangan masyarakat. Adapun resolusi jihad masa kini tak lain ialah bekerjasama umaro mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

“Kami butuh dukungan dan bantuan dari ulama, khususnya MUI, dalam mengembang tugas dan amanah, tentu selagi dalam koridor hukum dan konstitusi. Kami juga minta tolong diingatkan atau ditegur jika ada yg melenceng atau keliru,” katanya.

Pria yang pernah melumpuhkan teroris Dr. Azhari itu menjelaskan, tantangan saat ini makin berat dan tidak bisa dipikul sendiri. “Diperlukan kebersamaan semua pihak,” ujarnya.

Sementara itu, KH. Ma’ruf Amin mengatakan, Indonesia ke depan ini ditentukan oleh baik buruknya Ulama dan Umaro. Umaro dalam hal ini Polri harus baik, begitu pula ulama. Kalau Polri dan ulama buruk, hancurlah Indonesia. “Tapi saya yakin, polri dan ulama saat ini sudah baik dan bersinergi untuk bangsa,” kata pria yang juga rais am PBNU itu.

Kiai Ma’ruf menjelaskan, MUI akan selalu mendukung Polri untuk pembangunan bangsa. Polri punya tugas menjaga negara, ulama bertugas menjaga umat. “Dua hal yg sangat tepat dan sinergis,” katanya.

Ketua MUI juga tak lupa mengapresiasi Kapolri Tito. “Pak Kapolri ini orang cerdas dan tegas, saya yakin akan mampu membawa Polri lebih baik dan maju. Kita sudah melihat kiprah nyata itu dimana Polri kian dipercaya masyarakat. Saya berharap jalinan kerjasama ini terus berlangsung di masa mendatang,” katanya.[]

 

YS/ Islam Indonesia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *