Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 06 May 2014

Asosiasi Islam Brazil Sediakan Panduan untuk Suporter Muslim


foto:globemuslims.com

Kabar baik bagi para penggila permainan sepakbola dari negeri-negeri Muslim yang akan langsung menonton Piala Dunia 2014 di Brazil

ANDA seorang Muslim dan merencanakan untuk menonton langsung pertandingan sepakbola Piala Dunia 2014 di Brazil?  Jangan khawatir, baru-baru ini Asosiasi Islam Brazil bekerjasama dengan Kedutaan Besar Oman di Amerika Selatan telah menerbitkan sejenis buku panduan yang memberi petunjuk keberadaan masjid, restoran halal dan kebutuhan umat Islam lainnya selama di negeri Samba tersebut.

Menurut Muhammad Hussein Al-Zuqbi Buku, Ketua Asosiasi Islam Brazil, buku  setebal 32 halaman tersebut  diberi judul  Salam, yang arti harfiahnya adalah “keselamatan”. ” Di buku itu kami menyediakan alamat Islamic Center, tempat sholat, restoran halal dan pusat hiburan yang sesuai dengan ketentuan syariah,” ujarnya seperti dikutip oleh kantor berita IQNA, pada Minggu (4/5).
 
Selain berbagai informasi tersebut, Salam juga  memaparkan sekilas mengenai sejarah perkembangan Islam di Brazil dan pengaruhnya terhadap kebudayaan negara paling luas di kawasan Amerika Selatan tersebut.

Distribusi buku ini dilakukan sejak Minggu (4/5) oleh para aktivis organisasi tersebut. Sasarannya adalah  para penumpang maskapai penerbangan yang berasal dari negara Islam dan Arab yang tengah melakukan perjalanan ke Brazil.

Seperti sudah banyak diketahui, ada sekitar tiga negara berpenduduk mayoritas yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil. Negara-negara itu adalah Aljazair, Iran, dan Bosnia Herzegovina.  Selain itu, ada beberapa negara yang timnya beranggotakan banyak  pemain beragama Islam seperti Perancis, Pantai Gading, dan Kamerun.

Asosiasi Islam Brazil melakukan aksi memperkenalkan Islam jauh sejak beberapa waktu lalu.
Sebelumnya, dengan tema besar “Mengenal Islam” organisasi ini pernah menyebarkan sejumlah selebaran dengan topik seputar Islam. Mereka juga mendistribusikan jutaan terjemahan Qur’an serta membuat film pendek tentang Islam dalam bahasa Portugis dan bahasa lainnya.

Jumlah Muslim di Brazil termasuk lumayan besar.Kendati  mengacu sensus  pada 2001 yang menyebut jumlah mereka  adalah 27,239  jiwa, namun Federasi Muslim Brazil memperkirakan jumlah sebenarnya adalah sekitar 1.5 juta orang. Hal itu  tidak jauh beda dengan pendapat pakar Islam dari Fuminense Federal University Paulo Pinto yang memperkirakan  hingga kini sudah ada sekitar satu juta Muslim di Brazil.

Sumber: OnIslam.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *