Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 23 June 2012

Amien Rais Ajak Umat Muslim Besarkan Media Islam


Amien Rais

BANDUNG – Mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Amien Rais, mengkritik umat Islam yang belum mengerti pentingnya media massa sebagai pilar keempat demokrasi. Menurut Amien umat Islam, serta Muhammadiyah pada khususnya, harus mau membesarkan media Islam jika tidak ingin terus-menerus dicengkeram media-media massa sekuler.

“Keberadaan media massa di abad 21 ini sangat penting, oleh karena itu jika umat Islam tidak menyadari pentingnya pilar keempat demokrasi ini maka masa depan kita tidak akan cerah,” ujar Amien dalam Dialog Tokoh bertema ‘Media Islam, Peran Media dalam Perubahan Sosial Umat’ di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/6).

Amien menceritakan pengalamannya saat menjadi pemimpin redaksi Suara Muhammadiyah serta menjadi salah satu pendiri Republika. Ia mengungkapkan tidak mudah mengembangkan media massa di kalangan umat Islam. 

“Saya pribadi sangat menyadari betapa pentingnya media massa itu dalam percaturan masa depan kita. Akan tetapi terdapat fenomena umat Islam cenderung tidak mau membesarkan media-media Islam,” kata Amien.

Saat ini, kata dia, dunia media massa global berada dalam cengkeraman korporasi-korporasi Barat seperti AP, BBC, CNBC, dan ABC. Sedangkan Indonesia hanya memiliki LKBN Antara. “Maka kita melawan mereka itu seperti becak lawan tank. Tidak bisa dibandingkan sama sekali. Barangkali yang bisa berbicara sedikit (untuk kepentingan umat Islam) hanya Al-Jazeera,” ujar Amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *