Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 23 March 2016

Aljazair Galang Gerakan Boikot Haji


alalam_635942706644462393_25f_4x3-1.jpg.jpg

Muslimin di Aljazair menggalang gerakan boikot haji 2017 di media sosial sebagai protes pada pemerintah Arab Saudi yang dianggap tidak menghargai nyawa jamaah haji saat Tragedi Mina, kata media lokal.

Menurut laporan Biladi, surat kabar berbasis di Algiers, seruan boikot itu membuat hubungan Aljazair dan Saudi menjadi tegang setelah cukup banyak petinggi politik dan wakil rakyat yang mendukungnya.

Selain karena banyaknya warga Aljazair yang wafat saat Tragedi Mina tahun lalu, dan kurangnya tanggung jawab kerajaan dalam menangani kasus tersebut secara baik, mereka menilai bahwa intervensi Saudi di dunia politik Timur Tengah dinilai banyak yang tidak konstruktif. Khususnya dalam kaitan dengan agresi Saudi ke Yaman dan Syria. Warga Aljazair di media sosial menggambarkannya sebagai “sangat tidak Islami” dan “meruntuhkan persatuan Muslimin”.

Masih menurut Biladi, kampanye boikot haji itu mendapat reaksi positif dari para tokoh dan masyarakat umum. Jatuhnya ribuan korban dalam tragedi yang disebut akibat peralihan jalan untuk petinggi kerajaan Saudi yang melintas di Mina itu membuat banyak pihak yang protes. Ditambah lagi secara umum penanganan korban pasca tragedi Mina dianggap kurang maksimal.[]

SHA/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *