Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 29 April 2014

Aksi Rasisme Zionis Tua di NBA


foto: businnesinsider.com

Ia dikenal sebagai seorang  Zionis tua yang anti orang-orang kulit hitam dan anti hispanik


BERITA menghebohkan melanda dunia basket Amerika Serikat. Donald Sterling, pemilik tim bola basket NBA, Los Angeles Clippers dituduh telah mengeluarkan statemen berbau rasis terhadap warga kulit hitam. Pada suatu kesempatan ia mengatakan bahwa di wilayah Israel, orang-orang kulit hitam diperlakukan laiknya anjing.

Seperti dikutip Qodsna  dari salah satu surat kabar ternama Israel, Haaretz pada Senin (28/4),  dilaporkan adanya penyebaran file suara berisi statemen rasis Donald Sterling terkait warga kulit hitam tersebut. Hal ini bukan saja menyebabkan kontroversi, bahkan telah membangkitkan kemarahan Barack Obama, Presiden Amerika Serikat.

 “Ketika sekelompok orang bodoh ingin menunjukkan kebodohan mereka, anda sama sekali tidak bisa melakukan apapun dan anda hanya harus membiarkan mereka berbicara,” ujar Obama dalam suatu pernyataan kepada pers pada Selasa (29/4).

Pernyataan Sterling itu dimuat dalam file suara berdurasi 15 menit yang  bisa diunggah di situs Deadspin. Ia yang banyak dituduh berbagai kalangan sebagai seorang Zionis berusia 80 tahun membela statemennya dengan mengatakan, “Pergilah ke Israel, di sana kamu akan melihat orang-orang kulit hitam diperlakukan seperti anjing.”

Di situs itu juga, Sterling meminta agar foto-foto dirinya bersama beberapa orang kulit hitam tidak dipublikasikan dan jangan di bawa ke pertandingan-pertandingan yang diikuti Clippers.

Lima tahun yang lalu, Sterling  pernah pula dituduh melakukan tindakan rasis  sehingga ia terpaksa membayar denda sebesar 2,7 juta dolar Amerika untuk menyelesaikan kasusnya. Kementerian Kehakiman Amerika menuduh Sterling sebagai seorang rasis anti-kulit hitam dan anti Hispanik (orang-orang laitin).

 

 

Sumber: Qodsna dan Haaretz

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *